Beranda » Pendidikan » Mengenal Jenis Penyakit TORCH

Mengenal Jenis Penyakit TORCH

Barangkali bukan hal yang asing dari pendengaran kita tentang  sebuah penyakit yang bernama toxo. Pada saat kita mendengar kata tersebut yang muncul di kepala kita adalah jenis penyakit yang menyerang ibu hamil sehingga bayi yang dikandungnya mungkin gugur, lahir prematur atau cacat bahkan meninggal setelah dilahirkan. Mungkin itulah kira-kira masyarakat awam mengenal jenis penyakit ini. Selain itu, kita mengenal penyebab timbulnya penyakit toxo adalah parasit yang berasal dari kotoran kucing. Tidak sedikit para orang tua yang memiliki anak gadis melarang puterinya memelihara kucing.

Berdasarkan beberapa sumber, jenis penyakit toksoplasma merupakan salah satu jenis  parasit dari sebuah akronim yang dikenal dalam dunia kedokteran sebagai TORCH. TORCH adalah singkatan dari Toxoplasma gondii atau yang lebih dikenal dengan toxo, penyebab toxo adalah parasit toxoplasma gondii;  Rubella (campak Jerman), Cyto Megalo Virus (CMV), Herpes Simplex Virus (HSV) yang terbagi menjadi dua yaitu HSV1 dan HSV2. Penyebab ketiga jenis yang disebut terakhir adalah virus.

Apa sebenarnya yang menjadi penyebab munculnya virus yang konon belum ditemukan obatnya yang sangat efektif meskipun mungkin pada kenyataanya banyak yang dapat disembuhkan sehingga yang terserang virus ini dapat memperoleh keturunan? Virus dan parasit TORCH timbul disebabkan oleh hewan yang ada di sekeliling manusia, mungkin ayam, kucing, burung, tikus, merpati, kambing, sapi, anjing dll. Penyebab lainnya yang sering disebut adalah jenis sayuran yang tidak dimasak, daging setengah matang atau  jenis lain. Mengapa kebanyakan dari kita lebih mengenal bahwa kucinglah yang sering menjadi kambinghitam dari munculnya salah satu jenis TORCH yaitu toxoplasma gondii? Karena menurut penelitian bahwa 70% penyebab munculnya penyakit ini  adalah kotoran kucing. Tingginya prosentase penyebab berdasarkan hasil penelitian itulah barangkali yang menjadi sebab masyarakat luas  cenderung lebih mewaspadai  binatang kucing. Sampainya parasit tersebut ke dalam tubuh manusia dapat melalui perantara hewan lain tadi yang menyatu dalam darah. Melalui peredaran darah itulah  parasit tersebut menyerang berbagai macam organ tubuh. Parasit  toxoplasma yang menyerang wanita pada mulanya mungkin tidak menampakkan gejala klinis, namun pada saat wanita yang terserang itu hamil maka muncullah beberapa gejala, mungkin flek selama kehamilan atau janin yang tidak berkembang bahkan keguguran.

Jenis kedua dari TORCH adalah rubela atau lebih dikenal campak Jerman. Jenis virus ini menyerang manusia pada umumnya terjadi pada saat bayi dilahirkan mengalami beberapa penyakit, di antaranya mengalami glukoma, kerusakan pada otak atau pengapuran otak, bibir sumbing, tunarungu atau sulit bicara. Pada saat ibu hamil konon jarang menimbulkan masalah berarti.

Jenis ketiga dari TORCH adalah CMV. Virus ini jika menyerang ibu yang sedang hamil akan mengalami keguguran terus-menerus atau bayi yang dikandungnya dalam keadaan cacat fisik, seperti hydrosephalus, mikrosephalus, tubuh transparan atau kaki dan tangan bengkok.

Jenis keempat dari TORCH adalah herpes. Tanda secara klinis berupa bintik-bintik pada tubuh, atau alat genital. Kulit akan terasa panas. Bagi wanita hamil sering keguguran.

Keempat jenis penyakit ini, yaitu toxo, rubella, CMV dan herpes dapat menyebabkan rusaknya kesuburan pada wanita hamil Infeksi TORCH pada ibu hamil dapat juga menyebabkan mioma, penyumbatan atau pelengketan sehingga sel telur tidak bisa dibuahi dan mengakibatkan sulit hamil.

Yang perlu dipahami oleh kita, bahwa TORCH tidak hanya dialami oleh ibu hamil, tetapi menurut  sebuah sumber menyebutkan bahwa siapa pun orangnya berpeluang terkena TORCH. Organ tubuh yang sering diserang TORCH di antaranya saraf otak, mata, dan gerak. Gejala yang sering muncul jika menyerang saraf otak diawali dengan seringnya sakit kepala, radang tenggorokan atau flu berkepanjangan, otot-otot terasa sakit, lemas, menggigil dan sakit lambung. Gejala-gejala tersebut belum dapat dipastikan seseorang terserang TORCH. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk memastikan terkena TORCH hanya melalui tes laboratorium.  Uji laboratorium untuk mengetahui TORCH pada saat ini memang lumayan mahal.  Untuk mengujinya secara lengkap (toxo, rubella, CMV dan herpes) memerlukan biaya kurang lebih 2 juta rupiah.

Bagaimana cara mencegah terinfeksinya TORCH? Untuk pencegahan salah satunya, makanlah makanan yang sudah matang.  Meskipun banyak yang menjadi faktor yang menyebabkan terinfeksinya seseorang oleh parasit  toxo atau virus rubella, CMV dan herpes namun memakan makanan yang sudah matang dapat dijadikan upaya  pencegahan yang sangat praktis.

3 thoughts on “Mengenal Jenis Penyakit TORCH

  1. Obat Herba Khusus Penyakit TORCH.
    Berkhasiat untuk membantu menyehatkan rahim dari segala macam penyakit gagal rahim dan penyakit TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simplex virus II). Komposisi : Phalariae Fructus, Zedoariae Rhizoma, Morindae Citrifolia, Andrographidis Herba, dll. Harga Rp. 265.000,- (35 kapsul). Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Pemesanan hubungi : Telp. 021 – 710 85 910 / 0856 910 910 09 (SMS OK). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

  2. Obat Herba Khusus Penyakit TORCH.
    Berkhasiat untuk membantu menyehatkan rahim dari segala macam penyakit gagal rahim dan penyakit TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simplex virus II). Komposisi : Phalariae Fructus, Zedoariae Rhizoma, Morindae Citrifolia, Andrographidis Herba, dll. Harga Rp. 295.000,- (35 kapsul). Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Pemesanan hubungi : Telp. 021 – 710 85 910 / 0856 910 910 09 (PIN BB : 266B8265). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

  3. Obat Torch Dengan Nanotechnology.
    Berkhasiat untuk membantu menyehatkan rahim dari segala macam penyakit gagal rahim dan penyakit TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simplex virus II). Komposisi : Phalariae Fructus, Zedoariae Rhizoma, Morindae Citrifolia, Andrographidis Herba, dll. Harga Rp. 295.000,- (35 kapsul). Permata Depok Regency Cluster Jade E20/17 Depok. Pemesanan hubungi : Hp. 0856 910 910 09 (PIN BB : 266B8265). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s