Beranda » Umum » Fenomena Facebook

Fenomena Facebook

Facebook, wahana pertemanan yang relatif baru yang sedang digandrungi masyarakat dunia, khususnya Indonesia telah banyak memberikan manfaat dalam mempertemukan teman atau saudara yang sudah lama tidak bertemu. Sebuah sarana ajang komunikasi di era globalisasi yang sangat fenomenal.

Secara kasatmata, FB sangat berperan positif dalam menjalin silaturahmi, dapat mempertemukan teman lama yang berada di berbagai penjuru dunia. Jarak yang terbentang antara belahan dunia menjadi tidak berbatas waktu, menjadikan dunia semakin kecil. Saya teringat ramalan nenek moyang yang pernah saya baca dari sebuah tulisan saat masih kanak-kanak bahwa di masa yang akan datang dunia akan menjadi kecil. Di usia saya saat itu yang belum genap sepuluh tahun tidak bisa membayangkan bagaimana mungkin dunia akan mengecil, “mustahil”, begitu hati saya berbisik. Tapi, sesaat kemudian saya jadi teringat pada kisah Isra Mi’rajnya Nabi Muhammad Saw sehingga saat itu juga rasa kemustahilan itu saya ralat dengan bisikan hati, “mungkin saj kalau Allah menghendaki”. Pikiran cerdas saya saat itu hanya berlandaskan kepercayaan pada kekuasaan Yang Mahakuasa, tanpa disertai pikiran kritis terhadap simbol-simbol bahasa yang sarat makna.

Kini, tiga puluh tahun kemudian, saya bisa sedikit menafsirkan makna yang tersirat dalam pernyataan yang  lebih mengarah pada kategori ramalan nenek moyang saat itu. Bahasa yang dipakai nenek moyang dalam pernyataan itu mengandung makna kiasan. Makna” dunia akan mengecil” bukan makna yang sebenarnya. Mari kita melihat ke belakang, ke masa-masa saat kakek atau nenek kita pada tahun sebelum kemerdekaan negeri tercinta ini menempuh perjalanan berhari-hari untuk mencapai kota kabupaten yang saat ini bisa ditempuh hanya dengan hitungan jam dalam jarak tertentu. Berita yang berasal dari belahan dunia utara ke belahan dunia selatan saat ini bisa sampai dalam hitungan menit, fantastis sekali. Begitu banyak waktu yang dapat kita manfaatkan dengan efisien pada saat sekarang.

Kembali ke fenomena facebook yang sedang banyak digandrungi masyarakat dewasa ini.Muncul pertanyaan dalam benak saya, “Efisienkah waktu yang kita gunakan saat ini ketika kita bermain-main di dunia facebook dengan hanya membaca pernyataan-pernyataan atau komentar-komentar yang sepertinya hanya lontaran iseng tanpa makna?” karena lama-kelamaan teman lama yang kita jumpai kembali di facebook kembali ke habitat masing-masing. Akhirnya facebook hanya mempertemukan kembali teman-teman dekat sehari-hari.

Mungkin muncul pendapat dalam pikiran pembaca, tidak semuanya facebook berisi pernyataan-pernyataan atau komentar-komentar tanpa makna, banyak bacebook yang bermuatan positif. Benar, tidak semua pernyataan dalam facebook berisi kata-kata tanpa makna, tetapi berapa persenkah yang berisi hal yang bermanfaat bagi penggunanya? Tentu untuk menjawabnya perlu penelitian yang valid. Mudah-mudahan kehadiran facebook di tengah masyarakat dunia dapat mempersatukan dan mempererat silaturahim antar sesama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s